Minggu, 13 September 2015

20 MUTIARA HIKMAH MBAH K.H. MAEMUN ZUBAIR ROHIMAHULLOH


1. Wong Yahudi iku biyen gelem mulang angger dibayar, tapi akehe kiyai saiki ngalor ngidul karo rokoan ora gelem mulang nak ora dibayar, gelem mulang angger dibayar.

(Org yahudi dulu mau mengajar kalau dikasih uang, tetapi kebanyakan kyai sekarang mondar-mandir sambil rokoan tidak mau mengajar kalau tidak dikasih uang).

2. Wong neng dunyo iku ono bungahe lan ono susahe, kabeh iku supoyo biso dadek’ake parek marang Allah, Tapi nak neng akhirat nak susah susah tok rupane nang neroko, tapi nak seneng yo seneng tok rupane neng suwargo.

(Orang di dunia itu ada yang senang dan ada yg susah. Semua itu supaya bisa mendekatkandiri kepada Allah, tetapi kalau di akhirat susah terus yaitu ketika di Neraka, dan senang terus ketika di Surga).

3. Kanggone wong islam nak susah yo disabari nak bungah disyukuri.

(Unt org Islam ketika susah disabari dan ketika senang disyukuri).

4. Apik-apik’e dunyo iku nalikone pisah antarane apik lan olo. Sakwali’e, elek-elek’e dunyo iku nalikone campur antarane apik lan olo. Mulane apik iku kanggone wong Islam, lan elek iku kanggone wong kafir.

(Bagusnya dunia itu ketika pisah antara bagus dan jelek, sebaliknya jeleknya dunia itu ketika campur antara bagus dan jelek).

5. Apik-apik’e wong iku taqwo marang Allah yoikuora ngelakoni doso mboh iku doso cilik utowo doso gede kabeh iku di tinggal.

(Sebaik-baiknya org itu ialah org yang bertaqwa, yaitu tidak mau melakukan dosa, baik dosa kecil maupun besar semuanya ditinggal).

6. Zaman akhir iku senengane podo ngatur pangeran. yaiku podo akeh-akehan istighosahan koyo-koyo demo marang pangeran.

(Zaman akhir itu banyak org yg mendemo Tuhan yaitu dengan cara hanya memperbanyak Istighosah, seolah-olah seperti mengatur Tuhan).

7. Ngandikone bapakku : ﺣََِﻔَﻂ َﺷُﻴﺌﺎ ﻭﻏﺎ ﺑﺖ ﻋﻨﻪ ﺍﺷﻴﺎﺀ akehe wong iku ngertine pekoro siji liyane ora ngerti koyo dene wong haji ngertine mong bab haji, pembangunan masjid yo iku tok, ora ngerti bahwa sodakoh iku yo ono wong miskin mbarang.

(Ayah saya pernah mengatakan bahwa banyak org yg tahu perkara satu tetapi yg lain tidak diketahui, seperti halnya org tahunya hanya bab haji saja, atau shodaqoh pembangunan masjid saja, tetapi tidak tau bahwa sodaqoh itu juga ada yg buat fakir miskin).

8. Nak wong ahli toriqoh utowo ahli tasawuf iku ora ono bedone doso iku gede utowo cilik podo bae kabeh didohi.

(Kalau org Ahli Toriqoh atau Tasawuf tidak ada bedanya dosa itu baik besar atau kecil semuanya ditinggalkan).

9. Wong iku seng apik ora kena nyepeleake doso senajan cilik, lan ora keno anggak karo amal senajan akeh amale.

(Org itu yg bagus ialah tidak menyepelekan dosa meskipun kecil dan tidak sombong ketika punya amal meskipun banyak)

10. Dunyo iku dadi tepo tulodone neng akhirat: الدنيا مراة في الاخرة
(Dunia itu menjadi contoh atau cermin di akhirat)

11. Ngalamate Qiamat iku angger wong tani iku wes aras-arasen tani, mergo untunge iku sitik.

(Termasuk tanda Qiyamat itu org sudah malas untuk bertani, karena untungnya sedikit).

12. Gusti Allah iku gawe opo bae mergo sebab awak'e dewe 'kembang seberat mekar dewe'.

(Allah itu membuat apa saja sebab diri sendiri 'Bunga berat berkembang sendiri').

13. Nabi bersabda : ﺍﻧﻜﻢ ﺳﺘﻤﺼﺮﻭﻥ ﺍﻣﺼﺎﺭﺍ seng artine kuwe kabeh ko bakal gawe kota dewe-dewe. (Wong sugih iku ko bakal gawe kota dewe-dewe, wong melarat iku podo gawe deso dewe-dewe).

(Bahwasannya Nabi telah bersabda, "Org kaya itu akan membuat kota sendiri-sendiri, sedangkan org Miskin nanti akan membuat desa sendiri-sendiri).

14. Endi-endi barang iku bakale ilang. Wong mangan daging eyo bakale ilang, tapi ono seng ora ilang, iyoiku barang seng ora ketok koyo deneruh, kang ora sebab opo-opo, langsung pepareng soko Allah ora melalui proses.

(Segala sesuatu itu akan hilang, org makan daging juga akan hilang dagingnya, tetapi ada yg tidak hilang yaitu Ruh, ini pemberian lansung dari Allah tanpa proses).

15. Wali iku nak katok iku wes ora disiplin wali, masalahe wali iku ora keno kanggo conto, asale tingkahe iku selalu nulayani adat.

(Yang namanya Wali kalau kelihatan itu sudah tidak disiplin Wali, karena Wali itu tidak boleh dicontoh, karena tingkahnya selalu berselisih dengan kebiasaan).

16. Alamate wali iku wes ora biso guneman karo menungso, masalahe wong nak guneman karo menungso iku yo ora biso dzikir karo Allah

(Tanda wali itu sudah tidak bisa berkomunikasi dengan manusia karena kalau berdiskusi dengan manusia biasanya tidak bisa dzikir dengan Allah).

17. Barang yen positif iku ora katon , bisone katon iku angger ono negatif, koyo kuwe biso reti padang yen wes weruh peteng, wong biso ngerti Allah angger wes ngerti liyane Allah.

(Sesuatu yg bagus itu tidak kelihatan, dan akan kelihatan ketika ada yg tidak bagus, contoh kamu tau terang kalau sudah gelap, dan kamu tau Allah ketika kamu tau selain Allah).

18. Wong iku yen solat bengi kok ajak-ajak iku berati ora pati ikhlas, masalahe mbengi iku wayah turu, lah wong solat iku kudune soko karepe dewe.

(Org ketika shalat malam mengajak org lain berati itu menandakan tidak begitu ikhlas, karena waktu malam itu waktu istirahat, kalau mau shalat memang dari keinginan diri sendiri).

19. Sepiro senenge tangi soko kubur, iku sepiro enakke neng alam akhirat.

(Seberapa senangnya org bangun dari kubur, seberapa senangnya di akhirat).

20. Wong naliko metu soko wetenge simbok iku kudu susah, tapi yen wong metu soko dunyo alias mati iku kudu roso seneng, iki alamate wong sing bakal urip seneng.

(Org ketika keluar dari kandungan sang Ibu harus susah, sedangkan keluar dari dunia yaitu meninggal harus senang ini alamatnya org akan senang).

MBAH K.H. MAEMUN ZUBAIR ROHIMAHULLOH
Syuriyah PBNU
Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar
Sarang-Rembang-Jateng

MUTIARA HIKMAH ABUYA SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWY AL MALIKI

√ Teladan dalam berpakaian dan berpenampilan

قدوتى فى الزي والمظهر والهيئة الإمام مالك والإمام أبو الحسن الشاذلى
QUDWATI FIZZAYYI WAL MADZHARI WAL HAIATI AL-IMAM MALIK WAL IMAM ABUL HASAN AS-SYADZILI

Teladanku dalam berpakaian dan berpenampilan adalah Imam Malik dan Imam Abul Hasan As-Syadzili.

√ Tujuan berpenampilan bagus

ليس قصدى من التجمل و التزين سوى احترام العلم

LAISA QOSDI MINAT TAJAMMULI WAT TAZAYYUNI SIWA IHTIROMIL ILMI

Tujuanku dalam berpenampilan bagus dan rapi tiada lain kecuali untuk menghormati ilmu.

√ Keistimewaan dan keutamaan

المزية لا تقتضى الافضلية

Keistimewaan tidak memberi arti keutamaan.

√ Indonesia
أهل جاواه اهل الأدب والكرم

Penduduk / masyarakat Jawa { indonesia } adalah masyarakat yang berakhlak baik dan pemurah.

أهل جاواه اهل الحب و القبول

Masyarakat Jawa { Indonesia } adalah masyarakat pecinta dan penerima { modal seneng tur neriman }

√ Putra Guru

ولد الشيخ شيخ فى الاحترام والتبجيل لا فى العلم والمشيخة ، هذا إذا كان على منواله ومنهجه ، والا فلا

Putra seorang guru tetap dianggap guru dalam hal penghormatan, tetapi bukan dalam urusan ilmu atau ke-guru-an, itu pun jika ia mengikuti jejak Ayahandanya, akan tetapi jika tidak, maka ia tak pantas untuk dihormati.

√ Bahu-membahu

ليس عندى كثير العمل و العبادة ولعل الله يتقبل منى بخدمة الناس

Aku tidak mempunyai banyak amalan dan ibadah, {aku berharap } semoga Allah Subhaanahu Wa Ta'aalaa menerimaku berkat membantu orang lain.

√ Famili

أهلك من رضوا لك بالاغتراب فى سبيل العلم لا من اشفقوا على بعدك

Yang dikatakan keluargamu adalah mereka yang memberimu restu untuk merantau demi menuntut ilmu, bukan mereka yang merasa kasihan atas kepergianmu.

√ Santri

انا ما زلت طالبا
Selamanya, aku tetap sebagai santri
ما زلت طالبا
Selamanya, engkau tetap sebagai santri

√ Belajar tak kenal lelah

لا زلت إلى الآن أبحث على من يعلمنى

Hingga sekarang, aku tetap mencari orang yang mau mengajariku ilmu agama.

√ Kebersamaan

بركة العلم فى الجماعة

Berkahnya ilmu terletak pada kebersamaan.

√ Tak ada kata sampai dalam menuntut ilmu

من أحس بالنهاية فقد أفسد البداية

Barang siapa merasa sudah sampai, berarti ia telah merusak permulaannya.

√ Cakrawala Ilmu

الإنسان كلما اتسع أفقه قل إنكاره على الناس

Seseorang yang memiliki cakrawala keilmuan yang luas, ia tidak akan mudah protes terhadap orang lain.

Hati

لست بكثير الصيام و القيام وقراءة القرآن
وعسى الله يتقبل منى بسلامة الصدور

Aku tidak banyak melakukan puasa, shalat, atau membaca Al Qur'an { aku berharap } semoga Allah Subhaanahu Wa Ta'aalaa menerimaku dengan selamatnya hati.

Kebiasaan yang mulia

عادات السادات سادات العادات

Kebiasaan orang-orang mulia adalah semulia-mulianya kebiasaan.

Adab ziarah kubur

من آداب زيارة القبور أن تبدأ بالسلام عليهم ثم تستغفر الله لهم ثم تدعوا لنفسك

Diantara etika berziarah kubur adalah hendaknya engkau memulai dengan mengucapkan salam kepada ahli kubur, kemudian mendo'akan mereka, lalu dilanjutkan dengan berdo'a untuk dirimu sendiri.

Sumber :
Murid Beliau
Al-'Aaliim Al-'Allaamah Al-Habib Miqdad bin Qasim Baharun Cirebon
Pimpinan Majelis Al-Kisa'